Senin, 24 Oktober 2011

Command dasar CMD

pertama buka cmd dengan pilih run pada menu dan ketik cmd , lalu akan muncul cmd nya,atau start pilih run, ketikkan cmd lalu enter atau dengan cara klik start => all program => accessories => command promt.
nah mari mulai otak-atik.
di layar cmd akan tampil: 





untuk pindah direktori ,contohnya ke D, maka ketikkan d:
maka tampilan di cmd sekarang D:\> artinya anda sekarang berada di direktori d.

Nah jika kita ketikkan dir maka akan tampil isi dari direktori yang aktif, contohnya jika pada d:\> kita ketikkan dir maka akan menampilkan semua isi dari file direktori d.seperti berikut:

  untuk berpindah ke direktori lainnya maka dapat mengguanakan perintah CD, dan untuk memanggil sub direktori maka dapat menggunakan perintah CD spasi nama direktori yang akan dibuka lalu enter contoh:
cd spasi  foto, maka akan berpindah ke sub direktori yang tadi di panggil yaitu foto.

  Dan jika untuk kembali ke direktori sebelumnya maka dapat guanakn perintah CD..(CD titik dua) untuk kembali ke satu level direktori sebelumnya.lihat gambar :
 dan gunakan cd/ untuk langsung kembali ke root awal,contoh kita memanggil subdirektori di D yaitu foto\robot maka jika gunakan perintah cd/ maka akan langsung kembali ke direktori d.
gambar: 



oke cukup untuk perintah awal,sekarang saya akan buat direktori baru di F dengan nama belajarcmd ,perintahnya yaitu mkdir spasi belajarcmd (nama direktori yang akan dibuat)
pertama saya masuk ke direktori F dan saya akan buat direktori dengan nama belajarcmd:
maka setelah muncul cmd ketikkan f : lalu enter maka direktori f sekarang aktif ,lalu ketik mkdir spasi belajarcmd. dan sekarang direktori belajarcmd sudah dibuat di direktori f, untuk melihatnya ketikkan dir.
lihat gambar: 
oke setelah terbentuk direktori belajarcmd di F maka sekarang kita masuk ke sub direktori tersebut dengan perintah cd spasi belajarcmd.
sekarang kita sudah berada di direktori f di folder belajar cmd. Nah setelah ini mari kita buat file berektensi *txt lewat cmd,kita buat di direktori belajarcmd caranya yaitu ketikan copy con spasi "nama file.txt", eits tanpa tanda kutip ya.
sekarang kita buat file dengan nama vierus.txt , maka perintahnya ketikkan copy con vierus.txt lalu enter
setelah di enter ketikkan apapun kalimat yang ingin kita ketik untuk isi filenya,setelah itu tekan ctrl+z untuk mengkopi file tersebut kedalam direktori .
seperti ini hasinya:
 nah sekarang kita buat direktori baru di f, sebelumnya kuira kembali ke root awal dengan perintah cd/ dan buat folder dengan nama musik dan foto dengan perintah mkdir (spasi) musik,dan mkdir (spasi) foto.  lalu ketikan perintah dir untuk melihatnya:
 sekarang di direktori f terdapat folder musik dan foto serta belajarcmd dan abc.
oke lanjut eksplorasi, dari direktori file mari kita buat file dengan tipe *txt di foldr foto dan musik, untuk folder foto kita beri nama fotoku.txt dan musikku.txt di folder musik.
caranya :
dari direktori f ketikan copy con  \foto\fotoku.txt lalu enter dan isi file txt nya,lalu ctrl+z lalu enter
dan untuk musik juga sama ketikkan copy con\musik\musikku.txt lalu enter dan ketikikan isi file txtnya llu ctrl+z dan enter
nah sekarang sudah ada isi file musikku.txt di folder musik dan file fotoku.txt di folder foto, untuk melihatnya dari direktori f (direktori yang aktif)ketikkan  dir \foto(untuk liat isi folder foto) dan dir\musik (untuk liat isi folder musik)
nah terlihat kan ada file fotoku.txt dan musikku.txt di folder masing2,,oke sekarang kita copy file dengan formt *txt tersebut semua ke folder belajarcmd caranya ketik copy spasi nama file yang akan di copy spasi direktori/folder tujuan
 jika dari direktori F maka ketikkan copy (spasi) \foto\fotoku.txt (spasi) belajarcmd lalu enter
dan copy (spasi) \musik\musikku.txt(spasi)belajarcmd lalu enter maka file fotoku.txt dan musikku.txt sekarang telah di copy  ke folder belajarcmd ,untuk melihatnya ketik dir\belajarcmd
 maka akan tampil isi dari direktori belajarcmd:
nah sekarang kita buat file tampil.txt yang isinya menampilkan direktori dari folder belaarcmd caranya ketikkan : dir \belajarcmd>>belajarcmd\tampil.txt
nah sekarang sudah ada file tampil.txt di folder belajarcmd yang isinya yaitu isi file dari direktori belajarcmd :
cekidot: 
 

Minggu, 23 Oktober 2011

Contoh PL dari Jenis-Jenis HAKI

Beberapa contoh Perangkat Lunak yang sudah memiliki HAKI :

Aplikasi
Microsoft : Microsoft Office
Adobe : Adobe Photoshop

Sistem Operasi
Microsoft : Microsoft Windows
Linus Torvald : Linux

Bahasa Pemograman
Microsoft : Microsoft Visual Basic
Borland : Delphi

Nah itu hanya beberapa contoh dari perangkat lunak yang sudah memiliki HAKI secara UMUM, sementara HAKI itu sendiri terbagi atas beberapa jenis :

1.HAKI PL Berpemilik : Microsoft Windows, MacOS, Adobe Photoshop
2.HAKI PL Public Domain : Mp3 Player
3.HAKI PL Freeware : Winamp, Netscape Comunicator, Internet Explorer
4.HAKI PL Shareware : WinZip, Real Jukebox
5.HAKI PL Copylefted/Non-Copylefted : X Window System
6.HAKI PL Semi Bebas : PGP

PENDAFTARAN PATEN DAN PENGGUNA PATEN UNTUK PERANGKAT LUNAK

Pendaftaran Paten
  1. permohonan paten diajukan dengan cara mengisi formulir yang disediakan untuk itu dalam bahasa indonesia dan diketik rangkap empat
  2. permohonan wajib melampirkan :
  • syarat khusus, apabila prmohonan diajukan melalui konsultan paten pendaftaran selaku kuasa;
  • surat pengalihan hak apabila permohonan diajukan oleh pihak lain yang bukan penemu
  • deskripsi, klaim, abstrak : masing2 3 rangkap
  • gambar, apabila ada : rangkap 3
  • bukti prioritas asli, dan terjemah halaman depan bahasa indonesia rangkap empat apabila diajukan dengan hak prioritas
  • terjemahan uraian penemuan dalam bahasa inggris apabila penemuan tersebut aslinya dalam bahasa asing selain bahasa inggris : rangkap 2
  • bukti pembayaran biaya permohonan paten sebesar Rp 575 ribu dan
  • bukti pembayaran biaya permohonan paten sederhana sebesar 125 ribu dan untuk pemeriksaan substantif paten sederhana sebesar 350 ribu
  • tambahan biaya setiap klaim apabila lebih dari 10 klaim Rp 40 ribu perklaim
      3. penulisan deskripsi, klaim, abstrak dan gambar sebagaimana dimaksud dalam butir 2   huruf ditentukan sebagai berikut :
  • setiap lembar kertas bahwa hanya salah satu mukanya saja yang boleh dipergunakan unruk penulisan gambar :
  • deskripsi klaim dan abstrak diketik dalam HVS atau sejenis yang terpisah dengan ukuran A4 dengan berat minimum 80 gram dengan batas sebagai berikut
             dari pinggir atas : 2 cm
             dari pinggir bawah : 2 cm
             dari pinggir kiri : 2,5 cm
             dari pinggir kanan : 2cm

Perbedaan Paten dan Lisensi

Hak Lisensi izin yang diberikan oleh pemilik rahasia dagang(ciptaan)kepada pihak lain melalui suatu perjanjian berdasarkan pada pemberian hak (bukan pengalih hak) menikmatan manfaat ekonomi dari suatu rahasia dagang yang diberi perlindungan dalam jangka waktu tertentu dan syarat tertentu.

Ilustrasi lisensi : 
Misalnya APPle’s multitouch gestures ( pada iPhone yang bisa menggunakan dua jari atau lebih untuk melakukan operasi tertentu). Multitouch ini dipatenkan oleh apple, sehingga tidak bisa dipakai perangkat lain. Dan Apple sendiri mempunyai hak cipta atas iPhone, tidak ada produk lain yang boleh menggunakan nama iPhone selain Apple kecuali atas izin Apple. Atau Misalkan jika Apple mendirikan perusahaan di Indonesia, Apple bisa memberikan lisensinya kepada perusahaan di Indonesia tersebut untuk memproduksi dan Apple memberi lisensi pada produk yang di baut oleh perusahaan tersebut.


Hak paten adalah hak ekslusif yang diberikan oleh negara kepada inventor atas hasil invensinya dibidang teknologi yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri invensinya tersebut atau memberikan persetujuan kepada pihak lain untuk melaksanakannya.

ilustrasi : misalnya formula : biskuit memilih kategorikan formula yangdigunakan sebagai rahasia dagang alternatifnya adalah hak paten.bila biskuit membuat penemuan baru dalam hal ini kemungkinanan akan dilindungi oleh hak paten 



PRAKTEK 1 - CMD


MD ( menambah directori/membuat folder baru )
CD ( untuk masuk dari directori )
CD ( untuk keluar dari directori )
DIR ( untuk mengecek file file yang  ada di directori )
RD ( untuk meremove directori/ menghapus folder )
DEL ( untuk menghapus file )
>>     ( untuk memindahkan file yang ada di directori ke directori yang lain )
Type ( untuk mengecek isi file )
Copy ( untuk meng copy file )
Copy con ( untuk mengisi tulisan file txt )

Selasa, 18 Oktober 2011

2. Explorasi, Shell,System Call,Command Interpred,Dan Api

A. Shell.
STRUKTUR SHELL
Pada dasarnya shell diambil dari beberapa bentuk yang ada dialam seperti kulit telur, tempurung buah kelapa, cangkang kepiting, cangkang keong, dan sebagainya (Curt Siegel).

Shell adalah bentuk struktural tiga dimensional yang kaku dan tipis yang mempunyai permukaan lengkung. Shell harus didirikan dari material yang dapat dilengkungkan seperti beton bertulang, kayu, logam, bata, batu, atau plastik.
Cara yang baik untuk mempelajari perilaku permukaan shell yang dibebani adalah dengan memandangnya sebagai analogi dari membran, yaitu elemen permukaan yang sedemikian tipisnya hingga hanya gaya tarik yang timbul padanya. Membran yang memikul beban tegak lurus dari permukaannya akan berdeformasi secara tiga dimensional disertai adanya gaya tarik pada permukaan membran. Yang terpenting adalah adanya dua kumpulan gaya internal pada permukaan membran yang mempunyai arah saling tegak lurus. Hal yang juga penting adalah adanya tegangan geser tangensial pada permukaan membran yang juga berfungsi memikul beban.
Pada shell, gaya-gaya dalam bidang yang berarah mereditional diakibatkan oleh beban penuh. Pada shell, tekanan yang diberikan oleh gaya-gaya melingkar tidak menyebabkan timbulnya momen lentur dalam arah meredional. Dengan demikian cangkang dapat memikul variasi beban cukup dengan tegangan-tegangan bidang.
Variasi pola beban yang ada, bagaimanapun, harus merupakan transisi perlahan (perubahan halus dari kondisi beban penuh kekondisi sebagian agar momen lentur tidak timbul). Pada pelengkung, beban seperti ini dapat menimbulkan lentur yang besar, sedangkan pada cangkang lentur dengan cepat dihilangkan dengan aksi melingkar. Cangkang adalah struktur yang unik. Cangkang dapat bekerja secara funicular untuk banyak jenis beban yang berbeda meskipun bentuknya tidak benar-benar funicular.
B. System Call 
System call menyediakan antar muka antara program yang sedang berjalan
dengan sistem operasi. System call biasanya tersedia dalam bentuk instruksi bahasa assembly. Pada saat ini banyak bahasa pemrograman yang digunakan untuk menggantikan bahasa assembly sebagai bahasa pemrograman sehingga sistem call dapat langsung dibuat pada bahasa tinggat tinggi seperti bahasa C dan C++. Terdapat 3 (tiga) metode yang umum digunakan untuk melewatkan parameter antara program yang sedang berjalan dengan sistem opeasi yaitu :
- Melewatkan parameter melalui register.
- Menyimpan parameter pada tabel yang disimpan di memori dan alamat tabel    tersebut dilewatkan sebagai parameter di register seperti Gambar 2-1.
- Push (menyimpan) parameter ke stack oleh program dan pop (mengambil) isi

stack yang dilakukan oleh system operasi


Jenis System Calls
Berikut ini adalah tipe system calls:
1.Manajemen Proses.
System call untuk manajemen proses diperlukan untuk mengatur prosesproses
yang sedang berjalan. Kita dapat melihat penggunaan system calls untuk manajemen proses pada Sistem Operasi Unix. Contoh yang paling baik untuk melihat bagaimana system call bekerja untuk manajemen proses adalah Fork. Fork adalah satu satunya cara untuk membuat sebuah Copyright © Sistem Operasi - silakan merevisi dan menyebarluaskan materi ini proses baru pada sistem Unix. Sistem operasi bertanggung jawab atas aktivitas-aktivitas yang
berkaitan dengan manajemen proses seperti:
o Pembuatan dan penghapusan proses pengguna dan sistem proses.
o Menunda atau melanjutkan proses.
o Menyediakan mekanisme untuk proses sinkronisasi.
o Menyediakan mekanisme untuk proses komunikasi.
o Menyediakan mekanisme untuk penanganan deadlock.

2.Manajemen Berkas.
System calls yang berhubungan dengan berkas sangat diperlukan. Seperti ketika kita ingin membuat atau menghapus suatu berkas, atau ketika ingin membuka atau menutup suatu berkas yang telah ada, membaca berkas tersebut, dan menulis berkas itu. System calls juga diperlukan ketika kita ingin mengetahui atribut dari suatu berkas atau ketika kita juga ingin merubah atribut tersebut. Yang termasuk atribut berkas adalah nama berkas, jenis berkas,dan lainlain. Ada juga system calls yang menyediakan mekanisme lain yang berhubungan dengan direktori atau sistem berkas secara keseluruhan. Jadi bukan hanya berhubungan dengan satu spesifik berkas.

Sistem operasi bertanggung-jawab:
o Pembuatan dan penghapusan berkas.
o Pembuatan dan penghapusan direktori.
o Mendukung manipulasi berkas dan direktori.
o Memetakan berkas ke secondary storage.
o Mem-backup berkas ke media penyimpanan yang permanen (non-volatile).

3.Manajemen Piranti.
Program yang sedang dijalankan kadang kala memerlukan tambahan sumber daya. Jika banyak pengguna yang menggunakan sistem dan memerlukan tambahan sumber daya maka harus meminta peranti terlebih dahulu. Lalu setelah selesai, penggunaannnya harus dilepaskan kembali dan ketika sebuah peranti telah diminta dan dialokasikan maka peranti tersebut bisa dibaca, ditulis, atau direposisi.

4.System Call Informasi/Pemeliharaan.
Beberapa system calls disediakan untuk membantu pertukaran informasi antara pengguna dan sistem operasi, contohnya adalah system calls untuk meminta dan mengatur waktu dan tanggal atau meminta informasi tentang sistem itu sendiri, seperti jumlah pengguna, jumlah memori dan disk yang masih bisa digunakan, dan lain-lain. Ada juga system calls untuk meminta informasi tentang proses yang disimpan oleh sistem dan systemcalls untuk merubah informasi tersebut.

5.Komunikasi. Dua model komunikasi:
A) Message-passing. Pertukaran informasi dilakukan melalui fasilitas komunikasi antar proses yang disediakan oleh sistem operasi.

B)Shared-memory. Proses menggunakan memori yang bisa digunakan oleh berbagai proses untuk pertukaran informasi dengan membaca dan menulis data pada memori tersebut. Dalam message-passing, sebelum komunikasi dapat dilakukan harus dibangun dulu sebuah koneksi. Untuk itu diperlukan suatu system calls dalam pengaturan koneksi tersebut, baik dalam menghubungkan koneksi tersebut maupun dalam memutuskan koneksi tersebut ketika komunikasi sudah selesai dilakukan. Juga diperlukan suatu system calls untuk membaca dan menulis pesan (message) agar pertukaran informasi dapat dilakukan

D.Api
API adalah serangkaian instruksi dan standar pemrograman untuk mengakses aplikasi atau layanan berbasis web. Sebuah perusahaan software atau penyedia layanan berbasis web merilis API mereka kepada publik. Dengannya, pengembang lain dapat mendesain aplikasi yang memanfaatkan layanan mereka.
Sebagai contoh, Amazon.com merilis API sehingga para pengembang web dapat lebih mudah mengakses informasi produk-produk Amazon dari website mereka. Menggunakan API dari Amazon, website pihak ketiga dapat mem-posting link langsung ke produk-produk Amazon dengan harga aktual dan opsi “buy now”.
API dan web service sepenuhnya bekerja di belakang layar. Para peselancar web dan pengguna software sama sekali tidak melihatnya. Keduanya bekerja diam-diam, menyediakan jalan bagi beberapa aplikasi untuk bekerja sama untuk memberikan informasi atau fungsionalitas yang dibutuhkan oleh pengguna aplikasi.
Dengan demikian, API adalah standar komunikasi yang dibuka oleh perusahaan software, agar dapat dimanfaatkan oleh pengembang pihak ketiga untuk mendesain aplikasi yang memanfaatkan layanan mereka dengan mudah. Tertarik untuk membuat aplikasi client untuk Facebook, Twitter, atau Amazon? Silakan pelajari dan gunakan API mereka.

1.Analisis Struktur Sistem Linux Dan Windows


A) Linux

Sistem operasi Linux terdiri atas kernel(inti), program sistem, dan beberapa program aplikasi. Kernel merupakan inti dari sistem operasi. Program sistem dan semua program-program lainnya yang berjalan di atas kernel disebut user mode. Perbedaan antara program sistem dan program aplikasi adalah program sistem butuhkan agar suatu sistem operasi dapat berjalan sedangkan program aplikasi adaah program yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu aplikasi tertentu.
Sistem Linux terdiri atas tiga badan kode utama, dengan isi pada barisnya
merupakan implementasi UNIX paling tradisional : 
 
1. Kernel
Kernel Linux adalah potongan orisinil dari perangkat lunak yang dibuat dari serpihan oleh komunitas Linux. Sedangkan sistem Linux merupakan gabungan dari komponen-komponen. Sistem Linux basic adalah lingkungan standar untuk aplikasi dan program user.
Kernel Linux terdiri atas kode tertulis dari nol yang dibuat spesifik untuk proyek Linux, sedangkan perangkat lunak yang mendukung sistem Linux tidak terikat secara ekslusif pada Linux, tapi umumnya dapat bekerja pada sistem operasi seperti UNIX .
Kernel bertanggung jawab untuk mengatur dan menjaga seluruh abstraksi penting dari sistem operasi, termasuk hal-hal seperti virtual memori dan proses. Kernel Linux membentuk inti dari keseluruhan sistem operasi Linux. Kernel menyediakan semua fungsionalitas yang diperlukan untuk menjalankan proses, dan menyediakan servis sistem untuk melindungi akses terhadap sumber daya perangkat keras. Kernel mengimplementasikan seluruh fitur yang dibutuhkan untuk terkualifikasi sebagai sistem operasi.

2. System libraries
aplikasi dapat berinteraksi dengan kernel. Implementasi dari fungsi- fungsi ini sedikit banyak ada pada fungsionalitas sistem operasi yang tidak membutuhkan hak keseluruhan atas kode kernel.
System libraries menyediakan banyak tipe dari fungsionalitas. 

paling sederhana, system libraries mengijinkan aplikasi untuk membuat permintaan kernel-system-service. System libraries juga menjaga dan mengoleksi argumen system call.
Sistem linux tersusun atas tiga komponen penting yaitu 
 
1. Kernel menyediakan semua fungsi yang diperlukan untuk menjalankan proses dan menyediakan layanan system untuk memberikan pengaturan dan proteksi akses ke sumber daya hardware termasuk pada memori virtual. Kernel mengimpelmentasikan semua fitur yang diperlukan supaya dapat bekerja sebagai system operasi. 
 
2. Perpustakaan system, menentukan kumpulan fungsi standar di mana aplikasi dapat berinteraksi dengan kernel, dan mengimplementasikan hamper semua fungsi system operasi yang tidak memerlukan hak penuh atas kernel. Library juga dapat menyediakan versi lebih kompleks dari system call dasar. Contohnya, fungsi buffered file handling dari bahasa C semuanya diimplementasikan dalam perpustakaan system, yang memberikan control lebih baik terhadap input output dari system call kernel dasar. Perpusatakaan juga menyediakan rutin yang tidak ada hubungan dengan system call, seperti algoritma penyusunan (sorting), fungsi matematika, dan rutin manipulasi string (string manipulation) 
 
3. Utilitas sistem, yaitu program yang melakukan pekerjaan manajemen secara individual. Utilitas system termasuk semua program yang diperlukan untuk menginisialisasi system, seperti program untuk konfigurasi alat jaringan (network device) untuk load modul kernel. Program server yang berjalan secara terus menerus juga termasuk sebagai utilitas system, program semacam ini mengatur antrian pada printer, permintaan login dan koneksi jaringan.

 Sistem Linux 
Gambar Linux 

B) Windows

Semua dari kita pasti sudah mengetahuinya, kalau setiap operating system baru dari microsoft akan mengalami banyak perubahan baik tampilan, kecepatan, kestabilan, keamanan dan fitur lainnya. Begitu juga dengan Windows 7, telah mengalami banyak perubahan dari sistem operasi sebelumnya. Perubahan yang paling menonjol ada pada sisi tampilan luar yang lebih interaktif dari sebelumnya.
Sebenarnya Sistem Operasi cukup banyak seperti halnya beberapa sistem operasi dari keluarga unix yang mencakup sistem operasi Posix, GNU/Linux, GNU/Hurd, dan lain sebagainya, serta ada juga sistem operasi Mac OS, yaitu sistem operasi yang biasanya digunakan untuk berbagai komputer produk Apple. Sementara salah satu Sistem Operasi yang paling terkenal karena paling banyak digunakan diseluruh dunia dan termasuk juga di Indonesia adalah Sistem Operasi Windows. Sistem Operasi ini dikembangkan oleh Microsoft dengan menggunakan antarmuka berbasis grafik.
Bila menelusuri evolusi dari Sistem Operasi Windows, maka sebenarnya sistem operasi ini adalah pengembangan dari sistem operasi MS-DOS, yaitu sebuah sistem operasi yang berbasi modus teks dan command-line.
System Operasi Windows sendiri pada awal perkembangannya muncul pada, November 1983, dimana pada saat itu pengembangan MS-DOS telah mengarah ke sistem operasi yang disebut Windows Graphic Environment 1.0. Untuk Sistem Operasi Windows yang bisa disebut sebagai generasi pertama ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Meski telah diperkenalkan pada bulan November 1983. Namun sistem operasi windows generasi pertama ini baru dipasarkan pada bulan November tahun 1985, atau setelah 2 tahun dikembangkan terlebih dahulu.Sampai saat ini sudah beberapa puluh kali produk Sistem Operasi Windows berevolusi semenjak kemunculan pertamanya dengan Windows I. Antara tahun 1985 sampai tahun 1993 saja tercatat ada sekitar enam kali perubahan evolusi sistem operasi windows itu sendiri.Berikut adalah daftar evolusi Sistem Operasi Windows dari awal sampai saat ini seperti yang didapatkan penulis dari situs wikipedia:

I.16-bit, berjalan di atas MS-DOS
- 1985 November - Windows 1.0
- 1987 9 Desember - Windows 2.0
- 1990 22 Mei - Windows 3.0
- 1992 Agustus - Windows 3.1
- 1992 Oktober - Windows for Workgroups 3.1
- 1993 November - Windows for Workgroups 3.11

II. Hibrida (16-bit/32-bit), berjalan tanpa MS-DOS
- 1995 24 Agustus - Windows 95 (Versi: 4.00.950)
- 1998 25 Juni - Windows 98 (Versi: 4.1.1998)
- 1999 5 Mei - Windows 98 Second Edition (Versi: 4.1.2222)
- 2000 19 Juni - Windows Millennium Edition (Me) (Versi: 4.9.3000)



III. Berbasis kernel Windows NT
- 1993 Agustus - Windows NT 3.1
- 1994 September - Windows NT 3.5
- 1995 Juni - Windows NT 3.51
- 1996 29 Juli - Windows NT 4.0
- 2000 17 Februari - Windows 2000 (Versi: NT 5.0.2195)
- 2002 - Windows XP (Versi: NT 5.1.2600)
- 2003 - Windows Server 2003 (Versi: NT 5.2.3790)
- 2006 - Windows Vista (Versi 6.0 Build 6000)
- 2007 - Windows Home Server (Versi 6.0.1800.24)
- 2008 - Windows Server 2008 (Versi 6.1)
- 2009 - Windows 7 (Versi 6.1 Build 7600)
- 2009 - Windows Server 2008 R2 (Versi 6.1)

 System Windows
System Windows cina







 






Selasa, 11 Oktober 2011

Teknologi Batch System FMS (Fortran Monitor System) dan IBSYS

Teknologi FMS ( Fortan Monitor System )   

adalah sebuah sistem yang cukup ringan tapi masih sangat efektif dioptimalkan untuk batch FORTRAN dan pemrograman  Assembler yang sudah ada seperti , FAP, ( FORTRAN Assembly Program  ), agak kurang lengkap dari MAP, tetapi memberikan kemampuan yang sangat baik untuk zaman tersebut.  FMS juga merupakan turunan yang dikembangkan  dari kompiler FORTRAN awalnya ditulis untuk 704 oleh Backus dan timnya.

Teknologi IBSYS

adalah model basis sistem operasi  yang di luncurkan  IBM yang dugunakan pada komputer  IBM 7090 dan IBM 7094 . IBM sebelumnya juga membuat sistem operasi  yang mirip ( dengan beberapa perbedaan yang signifikan), juga disebut IBSYS, yang digunakn pada komputer IBM 7040 dan IBM 7044, IBSYS sendiri dibuat berdasarkan pada FORTRAN Monitor System (FMS) dan SHARE Operating system, IBSYS sendiri benar-benar program monitor dasar, tapi sudah mempunyai control card images yang sangat berguna untuk kinerja sebuah monitor.

CTTS (Compatible Time- Sharing System), MULTICS (MULTiplexed Information and Computing System) dan sistem operasi berbasis UNIX

1. Compatible Time-Sharing System (CTSS)

 Compaiteble Time sharing system adalah suatu teknik penggunaan online system oleh beberapa pemakai secara bergantian menurut waktu yang diperlukan pemakai . Disebabkan waktu perkembangan proses CPU semakin cepat, sedangkan alat Input/Output tidak dapat mengimbangi kecepatan dari CPU, maka kecepatan dari CPU dapat digunakan secara efisien dengan melayani beberapa alat I/O secara bergantian. Christopher Strachy pada tahun 1959 telah memberikan ide mengenai pembagian waktu yang dilakukan oleh CPU. Baru pada tahun 1961, pertama kali sistem yang benar-benar berbentuk time sharing system dilakukan di MIT (Massachusetts Institute of Technology) dan diberi nama CTSS (Compatible Time Sharing System) yang bisa melayani sebanyak 8 pemakai dengan menggunakan komputer IBM 7090.
2. MULTICS  (MULTiplexed  Information  and Computing System)
      MULTICS sebenernya adalah pengembangan dari TimeSharing System system operasi, Multics sendiri memiliki banyak fitur yang dapat menghasilkan kinerja tinggi sehingga akan mendukung utilitas komputasi yang mirip dengan telepon dan listrik . Sistem ini dapat tumbuh dan berjalan baik dengan hanya menambahkan lebih banyak sumber daya yang tepat - daya komputasi, memori utama, penyimpanan disk, dll.

3. Sistem Operasi Berbasis Unix
     Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an. UNIX didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user. BSD adalah salah satu turunan (varian) Unix yang dikembangkan oleh Universitas California, Berkeley. UNIX  sendiri adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh banyak pihak. Setiap pihak yang mengembangkan UNIX, menambahkan teknologi miliknya ke dalam UNIX, yang meskipun hal itu di luar standar, mampu menjadikan sistem operasi UNIX lebih kuat atau lebih andal.

Perbedaan Mendasar Antara Microsoft,Linux Dan Macintoch

Perbedan merupakan salahsatu dari ke-kreatifan manusia  dalam mengemukakan inspirasi, bgitu halnya dengan para pakar IT diapun menciptakan banyakmacam-macam OS namun pada intinya mreka mempunyai satu tujuan yang sangat membantu manusia….

1. Keamanan dari Virus
  • Windows sering kena virus
  • Linux tidak mudah terkena virus karena tingkat security lebih kuat
  • Macintosh tidak mudah terkena virus juga
2. Dari segi harga
  • Window berlisensi (berbayar)
  • Linux free
  • Macitosh free
3. User Interface
  • Windows tidak banyak memiliki pilihan user interface
  • Linux memiliki banyak pilihan user interface
  • Macintosh tidak mempunyai banayk pilihan user interface tapi lebih enak dilihat
4. Instalasi dan kelengkapan program
  • Windows tidak banayak memeiliki software setelah menginsatl OS nya
  • Linux setelah kita menginstal OS nya banyak software didalam
  • Macintosh didalam OS nya sudah ada software walopun tidak banyak
5. Kualitas gambar
  • Windows bagus
  • Linux bagus
  • Macintosh lebih bagus
6. Pilihan sitem operasi
  • Windows tidak banyak varian/jenis yang di tawarkan
  • Linux banyak jenis yang bisa kita pilih baik lokal maupun luar
  • Macintosh tidak terlalu banyak yang yang disaediakan

20 Orang Yang Berpengaruh Di Dalam Pengembangan Sistem Operasi

1.Steve Jobs

Beliau adalah pemimpin perusahaan Apple komputer dan tokoh utama di industri komputer. Ia lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat, 24 Februari 1955.
2. Bill Gates

lahir di Seattle, Washington, 28 Oktober 1955. Ia pendiri (bersama Paul Allen) dan ketua umum perusahaan perangkat lunak AS, Microsoft
3.Dennis Ritchie

Beliau adalah seorang ilmuan computer yang terkenal dalam bidang bahasa pemrograman dan dia lahir pada 9 september 1941.


4.Ken Thompson

 
Lahir pada 4 februari 1943, beliyau ahli dalam berkarya dalam bidang system operasi unix.


5.Eonard Kleinrock
Sekolah di bidang teknik dan Sains, dia membuat kontribusi penting dalam bidang JARKOM dan beliau adalah seorang insinyur dan ilmuwan amerika serikat hingga di juluki sebagai bapaknya internet.


6.Bjarne Stroushup
Lahir pada 30 Desember 1950 di Aarhus, Denmark. Beliau adalah seorang ilmuwan komputer dan profesor di bidang ilmu computer, ia dikenal lewat jasanya dalam mengembangkan bahasa pemrograman C++.


7.Tim Berners-Lee
lahir di London, Inggris, 8 Juni 1955; umur 56 tahun. Dia adalah penemu World Wide Web dan ketua World Wide Web Consortium, yang mengatur perkembangannya.


8.James Gosling
Dia adalah seorang pengembang perangkat lunak, yang terkenal terutama sebagai bapak bahasa pemograman Java dan sebagai pencipta editor teks emacs dan ia lahir di dekat Calgary, Alberta, Kanada, 19 Mei 1955.

9.Linus Torvalds
Beliau adalah rekayasawan perangkat lunak Finlandia yang dikenal sebagai perintis pengembangan Kernel Linux dan ia lahir di Helsinki, Finlandia, 28 Desember 1969.


10.Richard Stallman

lahir pada 16 Maret 195. Beliau adalah pendiri gerakan perangkat lunak bebas, proyek GNU, dan Yayasan Perangkat Lunak Bebas dan ia yang mengerjakan, GNU C Compiler, dan GNU Debugger.
11.Brian Behlendorf
Brian Behlendorf adalah teknolog, programmer komputer, dan tokoh penting dalam gerakan perangkat lunak open source, lahir pada 30 Maret 1973. ia pengembang utama dari server Web Apache, software web yang paling populer server di Internet.


12.Rasmus Lerdorf
Ia merupakan seorang pemrogram dari Denmark/Greenland dan pencipta bahasa pemrograman PHP dan beliau dilahirkan pada tanggal 22 November 1968 di Qeqertarsuaq, Greenland.


13.Larry Ellison
Lahir  di Manhattan, New York, Amerika Serikat, 17 Agustus 1944. Ia memiliki bakat dalam matematika dan salah satu pendiri CEO dari perusahaan perangkat lunak database Oracle Corporation.


14.Ono Purbo 

lahir di Bandung, Jawa Barat, 17 Agustus 1962; umur 49 tahun) adalah seorang tokoh (yang kemudian lebih dikenal sebagai pakar di bidang) teknologi informasi asal Indonesia. Ia memulai pendidikan akademis di ITB pada jurusan Teknik Elektro pada tahun 1981. Enam tahun kemudian ia lulus dengan predikat wisudawan terbaik, kemudian melanjutkan studi ke Kanada dengan beasiswa dari PAUME
 
  • Distro SchoolOnffLine 
  • Distro SMEOnffLine 
  • Distro ORARINux 
  • Distro SekolahNux 
  • Distro IPTEKNux
15.Sergey Brin
Larry Page lahir di Lansing, Michigan, 26 Maret 1973 dan Sergey Brin lahir di Moscow, Soviet Union, 21 Agustus 1973. Beliau ini  adalah pendiri dari mesin pencari internet Google dan saat ini adalah presiden produk pada Google Inc.


16.Jerry Yang &
17.David Filo
Jerry Yang lahir 6 November 1968 ia sendiri sebagai  usahawan Amerika-Taiwan, pengusul bersama Yahoo! Inc dengan David Filo, serta Ketua Pegawai Eksekutif untuk serikat tersebut. Ia juga merupakan salah satu dari dua Ketua Yahoo! dan pengarah lembaga syarikat.


18.David Axmark &
19.Michael Widenius
Mereka berdua adalah pendiri perusahaan MySQL AB yang membuat software RDBMS MySQL.


20.Andrew s.Tenenbuam
Lahir tahun 1944 di New yorkCity adalah seorang professor UniversiteitAmsterdam,Netherlands. Beliau menciptakan MINIX.